5 Tips Merawat Bayi Bagi Ayah Baru

IDNews.co.id – Ayah memiliki efek besar pada kehidupan anak mereka sejak lahir. Pengasuhan dari bapak dinilai dapat buat anak lebih berani menundukkan tantangan dan terima resiko.

Tapi tanggung jawab pekerjaan mungkin jadi halangan untuk para bapak untuk mengerjakannya. Tenang, Anda tak mesti melakukan pekerjaan yang berat, kok. Bila juga iya, sharing pekerjaan pengasuhan dengan istri merupakan hal yang tak sempat salah, kan?

Nah, di arahan ini Anda cuma butuh mempraktikkan hal sederhana sejak awal kelahiran bayi, supaya terbangun bonding memiliki kualitas pada Anda dan si kecil.

1. Turut serta dalam perawatan harian

Umpamanya, jangan terlewat moment disaat anak baru mandi atau saat ganti popok. Aktivitas ini bukanlah pekerjaan penuh istri, lho. Bapak dapat ikut andil dalam kegiatan keseharian yang perlu untuk membuat jalinan positif dengan bayi.

2. Belajar mengerti bayi

Bayi bicara melalui bahasa badan mereka. Bapak dapat pelajari ini dengan adanya banyak temani dan melihat bayi. Lama-kelamaan Anda akan tahu apa yang ia perlukan.

3. Tersambung melalui sentuhan

Sentuhan fisik buat bayi terasa aman dan nyaman, dan menambah kedekatan pada bapak dan bayi. Jenis ikatan ini merangsang perubahan otaknya. Peluk ia dekat dada, agar sanggup mendengar detak jantung Anda.

4. Bicara dengan bayi sekerap mungkin

Ajak bayi Anda bicara tentang tema apa saja yang enteng. Umpamanya, ” Saat ini kita gunakan popok, ya. Ini popoknya bersih, lho. Bapak belikan anda yang berbahan lembut, agar anda juga nyaman. Agar tidak nangis. ”

Setiap kata yang didengar bayi menopang meningkatkan kekuatan bahasa dan memperkaya kosa kata. Sama dengan dampak dari membaca buku atau menyanyikan lagu.

5. Membantu menyusui

Sikap dan support bapak untuk menyusui dapat jadi vital saat pasangan Anda belajar berikan ASI. Bapak dapat memberikan support praktis, seperti membikinkan susu untuk istri, menyediakan bantalan duduk, agar aktivitas menyusui jadi nyaman. (ndi)

Posting 5 Tips Merawat Bayi Bagi Ayah Baru ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Leave a Reply